Imam asy-Syafii tumbuh di Gaza dalam keadaan yatim,
setelah ayah beliau meninggal di sana.
Sehingga beliau hidup dalam keadaan fakir miskin dan
yatim, serta jauh dari kerabat. Namun semua ini tidak berpengaruh buruk kepada beliau setelah
Allah memberikan taufik kepada kemudahan untuk menempuh metode yang benar.
Setelah ibu beliau membawa beliau ke
Mekkah atau daerah dekat Mekkah, beliau mulai menghafal al-Qur’an. Dikatakan
bahwa beliau menyelesaikannya pada waktu berumur tujuh tahun.
Beliau mengisahkan dirinya: “Aku dulu
hidup yatim dibawah pengasuhan ibuku. Dan ibuku tidak punya harta yang
diberikan untuk seorang pengajar. Namun pengajar itu ridha dengan aku
menggantikannya jika dia pergi. Setelah aku mengkhatamkan al-Qur’an, aku masuk
masjid dan duduk di majlis-majlis ulama sampai aku menghafal satu hadits atau
satu masalah. Dan rumah kami berada di Syi’b al-Khaif. Dulu aku mencatat ilmu
di tulang, jika sudah banyak aku taruh di satu keranjang besar.” (Tawali at-Ta’sis
54)
Setelah beliau menghafal al-Qur’an di
Makkah beliau suka dengan syair dan bahasa arab. Beliau bolak-balik ke suku
Hudzail untuk menghafal syair-syair mereka dan bahasa mereka. Yang nampak
beliau menghafal syair mereka pada awal usia beliau. Suku Hudzail ini termasuk
bangsa arab yang paling fasih.
Kemudian beliau setelah itu mempelajari
ilmu fiqih, karena satu sebab. Ada dua versi alasan mulainya Imam asy-Syafii
mempelajari ilmu fiqih:
- Mush’ab bin Abdillah az-Zubairi mengisahkan seorang
sekretaris Bapak Mush’ab bin Abdillah az-Zubairi berkata kepada Imam
asy-Syafii: “Orang seperti kamu pergi dengan muruahnya dalam bidang ini.
Dimana posisimu dalam masalah fiqih.” Hal itu mendorong Imam asy-Syafii.
Sehingga beliau pergi menuju Muslim bin Khalid Az-Zinji Mufti Makkah waktu
itu dan belajar kepadanya, kemudian mendatangi Imam Malik di Madinah.”
(Manaqib karya Al-Baihaqi 1/97)
- Diriwayatkan orang yang mengarahkan beliau untuk
mempelajari ilmu fiqih adalah guru beliau Muslim bin Khalid az-Zinji. Imam
Baihaqi meriwayatkan Imam asy-Syafii mengisahkan beliau sendiri: “Aku
keluar mempelajari ilmu nahwu dan adab. Kemudian aku bertemu dengan Muslim
bin Khalid az-Zinji, dia berkata: ‘Wahai anak muda, engkau berasal dari
mana?’ Aku menjawab: ‘Dari penduduk Makkah.’ Dia bertanya: ‘Dimana rumahmu
di sana?’ Aku menjawab: ‘Di Syi’b al-Khaif.’ Dia bertanya lagi: ‘Dari
kabilah apa engkau ini.’ Aku menjawab: ‘Dari keturunan Abdu Manaf.’ Dia
berkata: ‘Wah wah, Allah telah memuliakanmu di dunia dan akhirat, tidakah
engkau menjadikan pemahamanmu ini untuk ilmu fiqih. Dan itu lebih baik
untukmu’.” (Manaqib karya Al-Baihaqi 1/97)
Sebab manapun yang menjadikan beliau
seperti itu, maka ini menunjukkan bahwa Imam asy-Syafii rahimahullah setelah
menghafal al-Qur’an melakukan perjalanan ke suku Hudzail di pinggiran Makkah
kemudian setelah menghafal syair-syair mereka dan bahasa mereka, himmah beliau
berubah kepada ilmu fiqih. Beliau berguru kepada Mufti Makkah Muslim bin Khalid
az-Zinji. Setelah mapan beliau mengadakan perjalanannya yang pertama ke
Madinah.
Beliau tekun dalam menuntut ilmu dan
menghafal al-Qur’an pada umur tujuh tahun, dan menghafal kitab al-Muwatha’
karya Imam Malik pada umur sepuluh tahun. Beliau mulai berfatwa pada umur lima
belas tahun –ada yang berkata: delapan belas tahun- dengan ijin dari guru
beliau Muslim bin Khalid az-Zinji. Beliau perhatian dengan syair dan bahasa.
Beliau menghafal syair al-Hudzaliyyin dan tinggal di antara mereka sekitar
sepuluh tahun, dikatakan: dua puluh tahun. Beliau mempelajari bahasa arab dan
kefasihan dari mereka. Beliau mendengar banyak hadits dari sekumpulan guru dan
para imama. Beliau membacakan al-Muwatha kepada Imam Malik dari hafalannya,
sehingga Imam Malik pun kagum atas bacaan dan himmahnya. Kemudian Imam
asy-Syafii mengambil ilmu dari ulama hijaz setelah beliau mengambil ilmu dari
Muslim bin Khalid az-Zinji. Beliau meriwayatkan dari banyak guru. Beliau
mempelajari al-Qur’an kepada Ismail bin Qusthanthin dari Syibl dari Ibnu
Katsir dari Mujahid dari Ibnu ‘Abbas dari Ubai bin Ka’b dari Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wa sallam. (al-Bidayah wa an-Nihayah 1/263)
0 komentar:
Posting Komentar